Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 ,Kapolres PALI Sematkan Pita Secara Simbolis

Spread the love

 

Polres PALI Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024

PALI – Dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 nanti,Polres PALI menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 dihalaman Mako Polres PALI Polda Sumsel, pada Rabu (17/10/2023) sekira 07.30 Wib.
Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H.,dan dihadiri juga oleh Para PJU & Jajaran,Danyon Brimob KOMPOL Bairun,Asisten I Pemkab PALI H.Andre yang mewakili Bupati PALI H.Heri Amalindo,Danramil 404-03 Pendopo Kapten Narko,Kajari Agung Arifiansto, SH,MH yang diwakili Kasi Intel M.Padli, Kasat Pol PP, Para Stikholder,Dinkes, dan para undangan.
Kapolres PALI dalam menyampaikan kata sambutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,antara lain mengatakan dalamΒ tahun ini ada pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita.
“Melihat pentingnya hal tersebut,maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024 nanti,terlebih lagi Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan,wilayah yang luas geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar,”kata Kapolri yang disampaikan oleh Kapolres PALI.
Oleh sebab itu lanjutnya,guna mengamankan Pemilu tahun 2024 maka Polri didukung TNI dan Instansi terkait dan mitra kuantitas lainnya menggelar operasi mata Brata tahun 2023 2024,Dan operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia.
Guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu,Polri juga membentuk pola pengaman sistem wilayah atau zonasi bagi personel Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, dimana untuk top 5 Polri terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi.
“Bukan hanya itu,Polri juga menyiapkan 2000 personel Brimob power and Kapolri serta 8.500 personel nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan di manapun diseluruh wilayah Indonesia,” papar Kapolres.
Sebagai pengumuman terhadap operasi mata Brata 2023 2024,Polri juga menggelar operasi Nusantara Falling system 2023-2024,untuk membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok,kemudian mengambil spasi polarisasi akibat berita hoax propaganda firehouse of file set hot dan black campaign,yang dilengkapi dengan Satgas anti money politik serta Satgas Pemilu damai sebagai pusat kendali koordinasi komunikasi dan informasi atau K3I.
Dilanjutkan Kapolres,Operasi ini akan didukung oleh Romance Center ditingkat Mabes sampai dengan Polda melalui hubungan dan berbagi fitur yang ada,dqn diharapkan common center mampu mengintegrasikan data maupun informasi sehingga seluruh personel pengamanan dilapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah.
“Operasi Mantap Brata 2023 -2024 ini,tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,”tambah Kapolres.
Berdasarkan indeks kerawanan Pemilu bahwa terdapat 5 provinsi dan 85 kabupaten kota yang masuk kategori kerawanan tinggi,serta berdasarkan indeks kerawanan Pemilu tahap 3 Polri,terdapat 2 Provinsi dan 1 Kabupaten Kota berkategori sangat rawan.
“Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, Segera lakukan langkah antisipasi,sedangkan bagi wilayah lainnya jangan ada estimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin,terus melakukan mapping potensi konflik sosial secara detail diwilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah,dan apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas keamanan,maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan dengan tepat sesuai S.O.PΒ dan memegang teguh atas proporsionalitas,orientalitas, akuntabilitas serta spesifikasi antisipasi bekerja sama dengan penyelenggara pemilu,”perintah Kapolri melalui Kapolres PALI.
Kapolri juga menekankan beberapa hal kepada seluruh anggotanya untuk di lpedomani serta dilaksanakan sebagai berikut,pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi semuanya.
Selanjutnya yang kedua,pastikan kesiapan perlengkapan pribadi sarana dan prasarana fasilitas penunjang lainnya,sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi,lalu yang ketiga laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab,Humanis,Profesional sesuai Standar Operasional Prosedur dengan menerapkan Kondisi Sistem,guna menjamin keselamatan personil.
Yang keeempat Kapolri menekankan,Pimpinan disetiap tingkatan harus terjun langsung kelapangan,untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing serta yang kelima lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personil selalu dalam kondisi yang Prima,dikarenakan hal ini penting mengingat operasi yang dilaksanakan cukup panjang dan pemilu 2024 dilakukan secara serentak,kedepankan komunikasi publik dan upaya koleksi sistem, agar masyarakat dapat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.
Terakhir yang keketujuh,tingkatkan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stikholder terkait,karena hal ini adalah kunci utama keberhasilan operasi.
Kapolri juga menyampaikan ucapan Terima Kasih dan mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh anggotanya diseluruh Indonesia.
“Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat,Mari bersama-sama kita amankan Pemilu 2024 demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan bersama,demikian amanat saya Semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan,kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam menjalankan tugas,pungkas Kapolri yang dibacakan langsung oleh Kapolres PALI dihadapan peserta Apel Gelar Pasukan.