Sekira 2 Hektare Kebun Karet Terbakar

Spread the love

 

PALI – Kebakaran lahan kembali melanda wilayah kecamatan Penukal Utara, kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan Selatan pada Rabu (18/10/2023) siang.

Diperkirakan lahan yang terbakar tersebut seluas dua hektare, merupakan kebun karet yang berada di Desa Tempirai Utara, Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI.

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H, menyambut, bahwa kebakaran diduga api yang berasal dari lahan Eks Perkebunan kelapa sawit milik PT Proteksindo.

” Lahan yang terbakar tersebut diduga merupakan penyebaran api dari lahan milik PT. Proteksindo yang sudah tidak dirawat lagi, karena perusahaan itu telah pailit, alias bangkrut,” kata Kapolres PALI.

Lanjutnya, laporan awal, kebakaran ini pertama kali terdeteksi pada hari Rabu sekira pukul 01.16, wib, tengah malam. Api cepat merambat, dikarenakan angin kencang yang memicu penyebaran api lebih lanjut.

” Penyebab pasti kebakaran ini masih dalam penyelidikan, tetapi musim kemarau yang panjang dan cuaca ekstrem telah memperburuk risiko kebakaran di wilayahnya tersebut,” ujarnya.

Dia menegaskan, titik koordinat lokasi kebakaran tersebut berada di Pantauan Satelit SNPP,1875 Aplikasi *Stop Karhutla Polda Sumsel* / Brin Fire Hotspot / Songket/ Lancang Kuning / Lapan
S : -3.0326722
E : 104.030980.

” Tim dan warga berusaha melakukan pemadaman dan penyekatan agar tidak terjadi penyebaran api yg meluas,” jelas Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin.

Kapolres PALI juga meminta warga untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran lebih lanjut, seperti membakar sampah di area terbuka.